Saturday, August 1, 2020

Awal Menghitung

Menghitung paling tidak melibatkan dua keterampilan. Pertama, bisa membuat barisan kata-kata “satu, dua, tiga,  … “. Berikutnya bisa membuat pengaitan satu ke satu antara barisan kata-kata itu dengan objek pada himpunan yang dihitung. Anak dikatakan bisa menghitung jika dia bisa melihat bahwa kata terakhir yang dikaitkan menunjukkan kardinalitas dari himpunan. 

Beberapa anak pada usia taman kanak-kanak dapat menghitung banyaknya objek pada suatu himpunan yang kurang dari sepuluh, tetapi sebagian masih memerlukan latihan. Semakin besar kardinalitas himpunan, semakin panjang barisan kata-kata “satu, dua,tiga, … “ yang dikaitkan dengan objek-objek pada himpunan tersebut. Sebagian anak-anak pada usia taman kanak-kanak belum bisa menghitung hingga belasan.

Secara umum anak-anak pada pertengahan taman kanak-kanak sudah menghitung, tetapi biasanya mereka menghitung tanpa berpikir, mereka masih harus mengkonstruksi ide tersebut lebih lanjut. Anak-anak yang bisa menyebutkan barisan kata-kata “satu, dua, tiga,  … “, belum tentu memahami kaitannya dengan apa yang dihitungnya. Coba tunjukkan pada anak-anak kumpulan lima sampai dengan sembilan buah kelereng dalam suatu barisan. Minta mereka untuk menghitung banyaknya kelereng tersebut dan kemudian tanyakan “Ada berapa banyak kelereng ?”. Sebagian besar anak akan menghitung kembali kelereng tersebut dengan menyebutkan “satu, dua, tiga, … “

Untuk membangun pemahaman menghitung, libatkan anak dalam banyak aktivitas yang melibatkan menghitung dan membandingkan. Sebagai contoh kktivitas berikut mungkin bisa dilakukan ( lihat foto ). 

AKTIVITAS

Menghitung banyak anggota himpunan ( kardinalitas himpunan )

Siapkan kartu bergambar 3 sampai dengan 10 objek , sejumlah koin  ( bisa diganti balok lego, permen, kerikil dll yang bisa dicacah banyaknya), karton bergambar tabel yang terdiri dari 2 kolom dan 10 baris ( bisa diganti ubin di lantai )

Langkah-langkah

1.      Minta anak mengambil 1 buah kartu bergambar ( misal kartu bergambar dinosaurus ).

2.      Taruh kartu bergambar di atas kolom pertama  

3.      Minta anak menaruh koin sebanyak objek pada kartu bergambar tersebut

4.      Tanyakan ada berapa koin yang ditaruh. Misal, “Ahmad menaruh berapa koin ?”

5.      Tanyakan ada berapa banyak objek pada kartu bergambar. Misal, “Jadi ada berapa banyaknya dinosaurus ?”

6.      Lakukan pada kolom berikutnya dengan kartu bergambar dengan banyak objek yang berbeda dan pertanyaan yang serupa

7.    Selanjutnya tanyakan kartu mana yang lebih banyak objeknya. Misalnya “ Kartu mana yang   lebih banyak dinosaurusnya ? “

8.   Jika anak menjawab benar bisa ditegaskan. Misalnya, “Jadi mana yang lebih banyak , enam dinosaurus atau lima dinosaurus ”

 

Catatan :

1.  Salah satu indikator anak telah memahami kaitan menghitung dengan kardinalitas suatu himpunan adalah jika mereka tidak mengulang kembali untuk menghitung objek dengan menyebutlkan barisan kata-kata “satu, dua , tiga, …. “ ketika ditanya berapa banyaknya anggota himpunan suatu objek

2.   Banyak objek pada kartu bergambar bisa dimulai dari sedikit, dibawah sepuluh hingga belasan.

3.    Tidak usah terburu-buru mengenalkan simbol ( angka )

Aktivitas bisa dilakukan dengan alat yang disesuaikan dengan apa yang ada di sekitar anak. Bersama-sama menyiapkan alat tersebut, juga bagian yang mungkin menyenangkan bagi anak. Belajar tidak harus mahal.

No comments:

Post a Comment

  Mengenal, Menyebutkan dan Menulis Angka Membantu anak-anak menyebutkan dan menulis angka satu digit sama dengan mengajarkan mereka m...