Sunday, August 9, 2020

 

Mengenal, Menyebutkan dan Menulis Angka

Membantu anak-anak menyebutkan dan menulis angka satu digit sama dengan mengajarkan mereka menyebutkan dan menulis huruf-huruf pada abjad, hal ini belum ada kaitannya dengan pemahaman tentang bilangan. Biasanya yang dilakukan adalah memberikan latihan secara berulang-ulang. Bisa dengan menelusuri nomor halaman, menulis angka 0 sampai dengan 10, membuat angka dari plastisin, menuliskan angka seolah-olah menulis di udara .

AKTIVITAS   : Pilih dan Sebutkan

Alat :  Kartu bergambar angka 1 -10

Kegiatan :.

1.      Minta anak memilih salah satu kartu dan kemudian menyebutkan angka yang tertera pada kartu

2.      Minta anak mengambil beberapa kartu sekaligus, jejerkan di meja dan minta kembali anak untuk menyebutkan angka yang tertera pada kartu-kartu tersebut             

3.      Lakukan kegiatan tersebut secara berulang-ulang hingga lancar.

 

Kalkulator adalah salah satu alat yang dapat dijadikan alternatif untuk membantu anak-anak untuk belajar mengenal angka. Membiasakan anak-anak bekerja dengan kalkulator sejak dini, membantu mereka untuk familiar dengan alat tersebut sehingga memungkinkan mereka menggunakan kalkulator pada aktivitas yang lebih kompleks nantinya. Berikut adalah contoh aktivitas sederhana yang dapat dilakukan.

AKTIVITAS  : Cari dan Tekan 

Alat :  Kalkulator

Kegiatan :

1.      Sebutkan sebuah angka satu digit dan minta anak memencet angka tersebut pada kalkulator

2.      Sebutkan suatu rangkaian angka dan minta anak memencet angka-angka tersebut pada kalkulator . Misal, sebutkan “satu”, “lima”, ” tujuh” … 

3.      Lakukan kegiatan tersebut secara berulang-ulang hingga lancar. 

 

 

     

Aktivitas memasangkan angka dengan himpunan objek bisa ditemui di banyak buku-buku untuk anak pada usia taman kanak-kanak. Aktivitas lainnya yang serupa dengan itu, misalnya adalah meminta anak menggambarkan objek sebanyak angka yang tertulis, atau sebaliknya menuliskan angka yang menunjukkan banyaknya anggota suatu himpunan yang diberikan. Aktivitas ini sudah mulai mengenalkan anak dengan pemahaman tentang bilangan.

Setelah beberapa kali melakukan aktivitas memasangkan angka dengan himpunan objek, sebagian besar anak bisa melihat hubungan antara angka dengan banyaknya anggota suatu himpunan. Ini seperti masalah rutin yang harus mereka selesaikan. Tapi kenyataannya aktivitas ini menyita sebagian besar waktu anak pada saat mereka di taman kanak-kanak. Perlu dipikirkan aktivitas menyelesaikan masalah non rutin ( problem solving ) untuk mereka.

 

Aktivitas berikut ini dirancang bukan hanya untuk memberikan kesempatan pada anak memasangkan angka dengan himpunan objek, tapi lebih dari itu juga memberikan kesempatan untuk bereksplorasi tentang ide menambah atau mengurangi banyaknya anggota himpunan

 

AKTIVITAS  : Menyusun Rangkaian Balok Lego 

Alat :  Balok Lego, Kartu bergambar angka 3-10

Kegiatan :                                                            

1.      Minta anak mengambil salah satu kartu dan menyebutkan angka yang tertera pada kartu

2.   Minta anak membuat berbagai rangkaian yang mungkin dengan menggunakan balok lego sebanyak angka yang disebutkan

3.      Minta anak mengambil sebuah kartu lagi dan menyebutkan angka yang tertera pada kartu.

4.    Minta anak membuat berbagai rangkaian baru ( menggunakan balok lego sebanyak angka yang disebutkan ) dari rangkaian balok lego yang sudah disusun sebelumnya

5.      Perhatikan apa yang dilakukan anak : membongkar total rangkaian balok lego yang sudah ada dan kemudian membuat rangkaian baru ? mencopot salah satu atau beberapa balok dari rangkaian yang sudah ada ? merangkaikan satu atau beberapa balok pada rangkaian yang sudah ada ?

Biarkan anak bereksplorasi

6.    Ulangi sampai beberapa kali kegiatan di atas, harapannya anak mendapatkan pengalaman yang  membuat mereka mendapatkan ide mengurangi banyaknya balok atau menambah banyaknya balok pada rangkaian yang sudah mereka buat. 

 

 

 

Jika tidak ada balok lego, aktivitas yang setara seperti berikut ini mungkin dapat menjadi alternatif

AKTIVITAS  : Menyusun Koin 

Alat :  Koin ( bisa diganti kerikil, permen, biji-bijian dll yang bisa dicacah banyaknya ), Kartu bergambar angka 3-10 , Karton bergambar kotak-kotak ( bisa diganti ubin di lantai )

Kegiatan :

1.      Minta anak mengambil salah satu kartu dan menyebutkan angka yang tertera pada kartu

2.      Minta anak membuat berbagai susunan koin yang mungkin

3.      Minta anak mengambil sebuah kartu lagi dan menyebutkan angka yang tertera pada kartu.

4.   Minta anak membuat berbagai susunan koin  ( menggunakan koin sebanyak angka yang disebutkan ) dari susunan yang sudah dibuat sebelumnya pada karton kotak-kotak

5.  Perhatikan apa yang dilakukan anak : mengubah total susunan yang ada dan kemudian membuat susunan baru ? mengambil satu atau beberapa koin dari yang susunan yang sudah ada ? menambahkan satu atau beberapa koin pada susunan yang sudah ada ?

Biarkan anak bereksplorasi

6.   Ulangi sampai beberapa kali kegiatan di atas, harapannya anak mendapatkan pengalaman yang  membuat mereka mendapatkan ide mengurangi banyaknya koin atau menambah banyaknya koin pada susunan yang sudah mereka buat. 

 

 

No comments:

Post a Comment

  Mengenal, Menyebutkan dan Menulis Angka Membantu anak-anak menyebutkan dan menulis angka satu digit sama dengan mengajarkan mereka m...